PESONA TANAMAN HIAS BONSAI JERUK KINGKIT

PESONA TANAMAN HIAS BONSAI JERUK KINGKIT

Bonsai Jeruk Kingkit dan Ciri-ciri jeruk kingkit

Bonsai Jeruk Kingkit (Triphasia trifolia)
Jeruk Kingkit atau tanaman yang menyerupai jeruk pada umumnya namun memiliki ukuran yang kecil berupa daun dan buah yang sangat kecil. Jeruk Kingkit masih banyak dijumpai di daerah Indonesia. Para penggemar bonsai menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias dan tanaman bonsai jeruk kingkit yang memiliki nilai seni dan jual tinggi.

Jeruk kingkit, kingkit, atau jeruk ranti (Triphasia trifolia, syn. T. aurantiola Lour. dan Limonia trifolia Burm.) adalah kerabat dari jeruk (genus Citrus), namun bukanlah jeruk yang sebenarnya. Jeruk ini diperkirakan berasal dari Malesia namun tersebar hingga ke pulau-pulau di Samudra Pasifik.

Contoh Bonsai Jeruk Kingkit

Bentuk tumbuhan berupa semak atau perdu dengan ketinggian hingga 3m. Daunnya majemuk berjari tiga (trifoliata), berwarna hijau tua mengkilap. Mahkota bunganya berwarna putih dengan jumlah tiga, kecil (panjang 10-13mm). Buahnya merah, bertipe hesperidium dengan diameter hingga 1,5 cm.

Bunga dan Buah Jeruk Kingkit

Buah Jeruk Kingkit yang sudah matang

Buah ini dapat dimakan. Serat Centini menyebut putri keraton menggunakan buah jeruk kingkit untuk merawat kuku. Tumbuhannya digunakan sebagai pohon peneduh atau pembatas jalan di Kepulauan Seribu. Selain itu jeruk kingkit juga biasa dibonsai. Buah Triphasia trifoliata berkhasiat sebagai obat batuk dan daunnya untuk obat sakit perut.

Nama-nama lain Jruk Kingkit / Nama lokal Jeruk Kingkit :

Jeruk kingkit dikenal pula sebagai kingkit, limau kiah, limau kunci (bahasa Melayu), kalijage, kingkip (bahasa Sunda), jeruk kingkit (bahasa Jawa), jeruk rante (bahasa Madura), lemo-lemo (bahasa Makassar), lemo-lemo (di Ternate), serta joji koyo (di Tidore).



Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © tanaman hias | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog